(+62) 823 3368 79051
admin@lathifiyyah2wahabiyyah1.ponpes.id
Bahrul Ulum Tambakrejo Jombang
blog-img
17/10/2020

Raihlah keimanan yang sempurna dengan 3 sifat utama

admin | Nasihat

"RAIHLAH KEIMANAN YANG SEMPURNA DENGAN 3 SIFAT UTAMA"

" Rasulullah saw berkata: ada tiga perkara yang ada pada dirinya pasti ia mendapat pahala dan keimanan yang sempurna, yaitu akhlak yang baik, sifat wara' (berhati-hati) dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah, sifat penyantun yang membuatnya memaafkan kebodohan orang yang jahil kepada dirinya" 
Dari hadits tersebut, kita bisa mengambil hikmah bahwa seseorang akan mendapatkan pahala dan keimanan yang sempurna dengan memiliki sifat-sifat seperti: -Wara' atau wira'i, yaitu sifat yang berhati-hati terhadap hal-hal yang syubhat, terlebih dari hal-hal yang dilarang oleh Allah swt. Meskipun kita hidup di zaman akhir, yang disebut oleh Ronggowarsito zaman edan, sopo seng ra edan ra keduman. Tetapi kita harus ingat juga, pesannya "sak bejo-bejone wong kang lali isih bejo wong eleng lan waspodo"
-Al-hilmi, yaitu sifat penyantun dan berlapang dada kepada orang yang tidak mengerti. Kesalahpahaman kita dengan sesama sering terjadi ketika interaksi sehari-hari. Dengan berlapang dada, persoalan dalam sebuah pergaulan bisa teratasi. -Khuluqun, yaitu menghiasi diri dengan akhlak. Akhlak mulia harus kita tumbuhkan pada diri kita. Pergaulilah manusia dengan akhlak yang bagus. Ketika sudah seperti itu, antar sesama Insyaallah akan terjalin hubungan yang harmonis, dan saling mengasihi. =====
Sumber : Pengajian Nyai Hj. Mundjidah Wahab di Channel Jombang Maneh TV

Bagikan Ke:

Populer